Minggu, 09 Januari 2011

Manajemen - Pengertian

Tinjauan Tentang Manajemen
            Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.[1]
            Beberapa definisi manajemen menurut para ahli:
1. Ensiclopedia of The Social Sciences
Di dalam Ensiclopedia of The Social Sciences, manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.
2. Mary Parker Follet
Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
3. Thomas H. Nelson
Menurut Nelson, manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan, dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.
4. G.R. Terry
Menurut G.R. Terry, manajemen diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usah mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

5. James A.F. Stoner
Menurut  James A.F. Stoner,manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan penawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasiuntuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
6. Prof. Drs. Oei Liang Lie
Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.[2]
7. S.P. Hasibuan dalam bukunya Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah mengemukakan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
8. Harlod Koonts dan Cyril O’Donnel dalam bukunya Principles of Manajemen and Analyses of Manajemen Function menegemukakan bahwa “Management is getting things done trough people. In bringing about this coordinating of group activity, the manager, as a manager plans, organizes, staffs, direct and control the activities other people”. Artinya, manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
9. Patterson dan E.G. Plowman, dalam bukunya Business Organization and Management, mendefinisikan manajemen sebagai berikut: “Management can of defined as technique by means of which the purpose and objectives of particular human group are determined, clarified, and affectuated”. Artinya, manajemen sebagai suatu teknik sehingga maksud dan tujuan dari sekelompok manusia tertentu dapat ditetapkan, dijelaskan, dan dijalankan.
10. Ralph Currie Davis dalam bukunya Fundamentals of Top Management, mendefinisikan manajemen sebagai berikut: “Management function of executive leadership anywhere”. Artinya, manajemen adalah fungsi-fungsi dari pimpinan eksekutif di manapun berada.
11. Peter F. Drucker dalam bukunya Management Tasks, Responsibility and Practies menyebutkan bahwa manajemen harus memberikan arah pada lembaga yang dikelolanya. Ia harus memikirkan misi lembaga itu, menetapkan sasaran-sasaran, dan mengorganisasikan sumber-sumber daya yang ada untuk tujuan-tujuan yang telah digariskan oleh lembaga tersebut.
12. Lawrence A. Appley, dalam bukunya Leadership on the job mendefinisikan manajemen sebagai berikut: “ Management is the art of getting things trough the effort of other people”. Artinya, manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
13. John D. Millet dalam bukunya Management in the Public Service menyebutkan, “Management is the process directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired end”. Artinya, manajemen adalah proses pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap pekerjaan-pekerjaan yang terorganisir dalam kelompok formal untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki.
14. H.R. Light dalam bukunya The Nature of Management menyebutkan, “Management is the body of knowledge about managing. Managing is the process planning, organizing, directing, coordinating, controlling, material machine and money so as secure the optimum achievement of objectives”. Artinya, manajemen adalah kerangka pengetahuan tentang kepemimpinan yang mencakup proses perencanaan, pengorganisasia, pengendalian material, mesin-mesin, dan uang untuk mencapai tujuan secara optimal.
15. Frans Sadikin menyebutkan, bahwa manajemen adalah proses untuk menciptakan, memelihara, dan mengoperasikan organisasi perusahaan dengan tujuan tertentu melalui upaya manusia yang sistematis, terkoordinasi, dan kooperatif. Proses penentuan asas-asas perusahaan yang menjadi batasan, pedoman, dan penggerak bagi setiap manusia dalam perusahaan sudah termasuk dalam pengertian manajemen.
16. Sondang P. Siagin dalam bukunya Administrasi Pembangunan menyebutkan, manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.[3]
17. Chester I Barnard dalam bukunya The Function of the Executive, mengakui bahwa manajemen itu adalah “seni” dan juga sebagai “ilmu”.Demikian pula Henry Fayol, Alfin Brown, Harold Koontz, dan Cyril O’Donnel, George R. Terry beranggapan bahwa manajemen itu adalah ilmu sekaligus seni.[4]



           



[1] H.B. Siswanto, Pengantar Manajemen (Jakarta: P.T. Bumi Aksara, Cet. 1, 2005), hal. 2.
[2] Agus Sabardi, Manajemen Pengantar Edisi Revisi ( Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2001), hal. 3-4.
[3] Sadili Samsudin, Manajemen Sumber Daya Manusia (Bandung: Pustaka Setia, Cet. 1, 2006), hal. 17-18.
[4] M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen ( Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2008), hal. 4.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger